Rabu, 07 Maret 2012

Pencegahan infeksi virus/malware terhadap sistim dengan Time Freeze

Time Freeze merupakan suatu free tools yang bekerja dilevel kernel sebagai sandbox bagi software-software yang berjalan disistim anda. Perubahan oleh aplikasi terhadap sistim anda akan diisolasi pada suatu file cache, misalkan c:\Toolwiz\sandbox.cache.

Karena memiliki sifat sandbox, artinya jika aplikasi ini sedang aktif, maka segala perubahan terhadap partisi sistim (drive dimana sistim operasi anda diinstalasi) akan diisolasi dan sistim operasi tidak menyadari masalah tersebut, dan setiap anda melakukan restart, maka segala perubahan yang terjadi tidak efektif. Dengan sifat demikian tentu saja aplikasi ini dapat digunakan untuk pencegahan terhadap sistim.

Sesuatu hal yang menjadi masalah dalam pemakai tools ini apabila sistim dan data anda disimpan pada satu drive yang sama misalnya C, sehingga beresiko terhadap kehilangan data yang telah anda kerjakan, walaupu sebenarnya software ini memberi kesempatan anda untuk menuliskan perubahan tersebut kedrive sistim ketika beralih dari Froozen Mode ke Normal Mode.

Kami menyarankan anda untuk menggunakan software ini jika anda memiliki drive sistim yang berbeda dengan drive untuk data (misalkan drive C untuk sistim, dan drive D untuk data, dan folder Document & Setting diarahkan ke drive D), untuk menghindari kesilapan lupa untuk merecover perubahan data ketika ingin shutdown komputer.

Software ajaib ini dapat diperoleh di http://www.toolwiz.com/products dengan ukuran yang relatif kecil (1 MB).

Tentukan lokasi instalasi, dan klik pada I Agree, Install Now, dan secara otomatis akan diminta untuk melakukan restart agar software dapat efektif.

Setelah proses booting, maka pada desktop anda akan ditampilkan  toolbar dari Time Freeze yang menunjukan status dari proteksi, yang awalnya adalah Normal Mode

Lakukan double klik pada toolbar ini untuk mengaktifkan lingkungan setting dari software Time Freeze.

Anda dapat melakukan setting untuk pengaturan:
  • Show float toolbar on desktop, yang berarti toolbar status Time Freeze ditampilkan didesktop atau tidak, kami menyarankan anda memberi check pada opsi ini untuk mengetahui efektifitas dari software ini.
  • Hide Tollwize TimeFreeze Tray icon, yang berarti tidak menampilkan icon TimeFreeze pada tray icon, kami menyarankan anda tidak menberi check pada opsi ini.
  • Start TimeFreeze when Windows starts, yang berarti secara otomatis software TimeFreeze diaktifkan setiap kali anda mengaktifkan sistim anda, kami menyarankan anda memberi check pada opsi ini.
Setelah melakukan setting, maka anda dapat melakukan klik pada button "Start TimeFreeze" untuk membuat software ini menjadi efektif.

Anda akan dikonfirmasi untuk membuat suatu lingkungan virual bagi sistim anda, dan beralih ke Frozen Mode, klik pada Start TimeFreeze jika anda yakin.

Selanjutnya tampilan setting TimeFreeze akan menjadi sebagai berikut:


Pada tahapan ini secara otomatis sistim anda telah berada pada status Froozen Mode yang dikonfirmasi oleh toolbar di dekstop.


Selanjutnya anda dapat bekerja dengan sistim anda seperti apa adanya, tetapi jika anda perhatikan bahwa setiap perubahan pada sistim anda akan disimpan di cache yang terus berubah sesuai dengan intensitas perubahan pada sistim oleh perangkat lunak yang digunakan.

Jadi setiap aktifitas pada drive system (C:) akan dicache oleh sandbox.

Bagaimana jika perubahan yang anda lakukan ingin menjadi permanen pada sistim?

Caranya adalah double klik pada toolbar Frozen Mode, kemudian klik pada Stop TimeFreeze


Anda akan diberi opsi pilihan sebagai berikut:
  • Turn off the protection and save all the change, yang berarti bahwa cache pada sandbox akan diefektifkan ke sistim anda, sehingga seluruh perubahan sejak awal Froozen menjadi efektif ke sistim anda.
  • Turn off the protection and drop all the change, yang berarti bahwa semua cache akan dihapus, dan sistim anda tidak mengalami perubahan
Catatan:
Pemakaian Sandbox pada sistim dapat memberikan keuntungan sebagai berikut:
  • Menghindari infeksi virus/malware
  • Menghindari perubahan/penghapusan file sistim yang tidak disengaja
  • Melakukan ujicoba software hanya untuk percobaan
  • Jejak aktifitas pemakain sistim tidak terekam
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar