Selasa, 14 Juni 2011

Petunjuk penulisan skripsi pengembangan sistim informasi STMIK IBBI


Petunjuk penulisan ini dibuat dengan tujuan membantu mahasiswa yang sedang mempersiapkan tugas akhir sarjana dengan topik penelitian yang berkaitan dengan “Pengembangan Sistim Informasi pada PT. XYZ”. Petunjuk ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis sebagai dosen pembimbing bahwa pada umumnya mahasiswa mengalami kesulitan memahami bahwa skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian.
Pada umumnya mahasiswa jurusan Sistim Informasi telah dibekali dengan kemampuan melakukan analisa dan perancangan perangkat lunak sistim informasi, tetapi mengalami kendala ketika harus menuliskan laporan hasil penelitian kedalam bentuk karya tulis ilmiah (Skripsi) sebagaimana yang menjadi salah satu syarat kelulusan Sarjana Satu (S1) STMIK IBBI.
Permasalahan utama yang dihadapi oleh mahasiswa adalah bagaimana menuliskan latar belakang dan pertanyaan penelitian pada bagian perumusan masalah, dan menuliskan tujuan dari penelitian. memahami dan menuliskan metodologi penelitian terkait dengan jenis penelitian yang dilakukan, metode pengumpulan data dan metode analisa dan perancangan yang digunakan didalam pengembangan sistim, dan akhirnya adalah pembuatan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian sesuai dengan hasil penelitian.
Petunjuk ini disusun secara pendekatan langsung kepada format dan contoh untuk membantu pemahaman mahasiswa, karena telah banyak terdapat buku petunjuk penulisan karya ilmiah maupun skripsi yang berkualitas, sehingga petunjuk ini tidak akan fokus kepada teori tentang penelitian maupun penulisan karya ilmiah.


Salam
Hendra.
Mitra Jaya Solusindo.
Konsultan sistim informasi.
Pengembang perangkat lunak/web. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar